Jenis dan Bentuk Es Batu

Es batu bukanlah benda yang asing lagi bagi masyarakat indonesia. Selain membuat minuman menjadi segar, es batu juga memiliki banyak manfaat. Jenis dan bentuk es batu pun  bermacam-macam.  Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Berikut penjelesan lebih lengkapnya mengenai jenis dan bentuk es batu :

1. Chip Ice

Chip ice adalah es bening, keras, dan tahan lama yang cocok untuk berbagai kebutuhan. Untuk menghasilkan chip ice dapat dilakukan dengan cepat dan tidak dibutuhkan suhu yang terlalu dingin, yaitu -0,5℃. Penyimpanannya pun tidak perlu dalam suhu yang rendah sehingga dapat menghemat pemakaian listrik. Es jenis ini juga tidak  saling menempel, tidak tergores, tidak membeku, dan tetap terlihat fresh sehingga cocok untuk penyimpanan jangka lama. Ukuran dan ketebalan es dapat dipilih saat akan menjalankan mesin dengan pilihan ketebalan antara 3-12mm.

2. Tube Ice

Es berbentuk tabung bening dengan lubang di bagian tengah, diameter 22, 28, 32 & 35 mm dan diameter 25, 30 & 45 mm. Es tube menjadi favorit di pasaran untuk usaha kuliner dan banyak digunakan di restaurant maupun cafe.

3. Cube Ice

Cube ice memiliki karakteristik seperti Tube Ice. Berbentuk Kubus dan memiliki ukuran regular. Cocok untuk ditempatkan di gelas sebagai pendingin minuman.

4. Flake Ice

Flake ice berbentuk serpihan kaca tak beraturan dengan tebal 1 – 2 mm. Proses pendinginannya cepat, efektif dan tanpa jeda dengan penyimpanan di bawah suhu 0℃. Sebaiknya es segera dipakai setelah dibuat karena tidak dapat disimpan terlalu lama. Biasanya es jenis ini dipakai untuk mengawetkan ikan dan daging.

5. Slurry Ice

Slurry ice berupa larutan kristal-kristal mikroskopik yang mengapung dalam air dengan proses pendinginan yang ekstra cepat. Keunggulan es jenis ini adalah kontak yang merata di seluruh permukaaan produk, sehingga pendinginan merata dan mudah didistribusikan dengan bantuan pompa dan pipa. Namun slurry ice tidak sesuai untuk penyimpanan jangka panjang.

6. Block Ice

Es berbentuk balok keras bersuhu dibawah 0℃ dalam beberapa ukuran dengan kapasitas pendinginan yang tinggi. Jenis es ini Harus dipotong atau dihancurkan dahulu sebelum digunakan. Dalam proses pemotongan, jika ada sudut tajam maka dapat menggores produk. Block Ice baik digunakan untuk penyimpanan/transportasi es lain dalam waktu lama tanpa ruang/kendaraan berpendingin.

Untuk mendapatkan es batu sesuai kebutuhan, Polar Ice Machine menyediakan mesin es sesuai jenis-jenis es diatas. Dengan mesin yang berkualitas, garansi suku cadang dan service serta teknisi yang berpengalaman Polar Ice Machine akan membantu anda mendapatkan mesin es batu sesuai keinginan.

jenis dan bentuk es batu