Bahaya Es Batu

Potongan  es batu segar yang diletakkan ke dalam gelas kemudian disiram dengan juice atau cukup dengan teh manis pun nyatanya sudah sangat melegakan dahaga kita pada siang hari saat matahari sedang terik-teriknya. Tapi, tahukah anda dibalik kesegarannya ada bahaya es batu yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita?

Jika kita mau meneliti lebih lanjut, es batu yang dijual di pasaran, warung-warung pinggir jalan atau bahkan di restoran sekalipun kurang memperhatikan air sebagai bahan utama dalam pembuatan es batu ini. Tak banyak dari mereka yang menggunakan air “sembarangan” untuk menciptakan si dingin yang menyegarkan tersebut. Karena jika menggunakan air masak atau air mineral tentu akan melambungkan budget pengeluaran mereka. Padahal mereka tidak sadar jika hal ini bisa membahayakan kesehatan konsumen mereka. Tak semua pedagang dan penyedia es batu bertindak demikian, tapi alangkah lebih baiknya jika kita tetap waspada dan lebih berhati-hati dalam memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita.

Es batu yang mengandung bakteri berbahaya adalah es batu yang terbuat dari air mentah. Jika meminum minuman yang tercampur dengan es batu dari air mentah, bukan tidak mungkin berbagai penyakit akan masuk ke dalam tubuh. Air mentah mengandung bakteri berbahaya seperti bakteri Escherichia coli (E.coli)  yang dapat menyebabkan diare. Walau kebanyakan jenis E.coli hanya menyebabkan diare ringan, beberapa jenis tertentu seperti E.coli O157:H7 dapat menyebabkan infeksi usus serius yang mengakibatkan diare, sakit perut, dan demam.

Sebenarnya untuk pemilik usaha yang peduli dengan kesehatan konsumennya ada banyak sekali solusi untuk menciptkan es batu yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengunakan Polar Ice Machine. Mesin pembuat es ini akan sangat membantu anda dalam menciptkan es batu dengan mudah, cepat dan pastinya sehat.

Tanpa disentuh dengan tangan dalam proses pembuatannya tentu akan menjamin tingkat higenitasnya. Selain itu mesin ini juga bisa ditambahkan dengan filter jika air yang digunakan kualitasnya kurang baik.